Tuesday 12 February 2019

Tugas 1 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi



Tugas 1
-----------------------------
Aurelia Fairuz Rachmadi
05111740000141
APSI C
===================


Analisa sistem informasi RedDoorz

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai klasifikasi fitur aplikasi sistem informasi dari reddoorz sebagai tugas 1 mata kuliah APSI.

Mengenai RedDoorz

Reddoorz merupakan jaringan penginapan budget yang berfokus pada pengembangan penginapan dan distribusi penjualan secara online dengan bekerja sama secara langsung dengan properti penginapan dengan ikut mengontrol ketersediaan dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki penginapan selayaknya jaringan hotel dalam bentuk digital (asset light hotel chain). 



Selain tersedia dalam bentuk mobile app yang bisa diunduh melalui app store/ play store smartphone, RedDoorz juga tersedia dalam bentuk web yang bisa diakses melalui alamat www.reddoorz.com


Analisa Sistem Informasi RedDoorz

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan/kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi, dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. Atau dalam kata lainnya, sistem informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas manusia untuk memanajemen operasional.

Sistem informasi bisa dibagi menjadi beberapa bagian:







1. Transaction Processing  System
     
     Sistem pengolahan transaksi merupakan sistem yang menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data. Fungsi dari TPS ini adalah untuk memproses data dalam jumlah besar. Pada sistem ini memungkinkan terjadi interaksi antara organisasi dengan lingkungan luarnya. Nantinya data yang dihasilkan dapat digunakan oleh manajer untuk memperbarui informasi.

     Tugas utama dari sistem pengolahan transaksi adalah mengumpulkan data, memanipulasi data(data diolah terlebih dahulu sebelum disajikan sebagai informasi untuk keperluan organisasi atau menjadi bahan masukan sistem informasi yang lebih tinggi), menyimpan data, serta sebagai penyiapan dokumen.



     Dalam hal ini, sistem informasi RedDoorz mempunyai sistem pengolahan transaksi berupa transaksi pemesanan kamar hotel melalui aplikasi beserta pembayaran transaksi.




2. Management Information System

    Sistem informasi manajemen ruang lingkupnya meliputi TPS (Transaction Processing System). Melibatkan penyimpanan basis data dan model yang membantu pengguna menginterpretasikan dan menerapkan data tersebut. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih.
     Pada aplikasi RedDoorz sistem informasi manajemen yang digunakan berupa laporan data, data traffic, dan banyak pengguna aplikasi.


3. Decision Support System

     Decision support system merupakan kelanjutan dari  Management Information System yang bergantug pada basis data sebagai sumbernya. Ttujuannya yaitu untuk membantu pengambil keputusan menggunakan teknologi komunikasi, data, dokumen, pengetahuan atau model proses keputusan untuk menyelesaikan tugas. Decision support system juga berfungsi sebagai bahan pertimbangan sebelum pengambil keputusan memutuskan kebijaksanaan tertentu.

     

4. Executive Information System

     Executive Information System merupakan sistem yang memungkinakan eksekutif untuk mengakses data dan informasi, sehingga dapat dilakukan pengidentifikasian masalah, pencarian solusi, dan sebagai dasar perencanaan strategis.

     EIS mengintegrasikan data yang berasal dar sumber data internal maupun eksternal yang kemudian dirangkum dalam sebuah laporan yang dapat dimanfaatkan secara efektif oleh eksekutif sebagai sumber pencarian solusi permasalahan manajerial dan pembuatan perencanaan keputusan.











    

No comments:

Post a Comment

Analisa Penerbitan Kanisius

Aurelia Fairuz Rachmadi 05111740000141 APSI C Analisa Use Case Penerbitan Kanisius ----------------------------------------------...